UIN Abdurrahman Wahid Pekalongan Laksanakan KKL di UII Dalwa

SmartSelect_20240518_092732_Instagram

Bangil, Dalwa Berita – UIN Abdurrahman Wahid Pekalongan laksanakan KKL (kuliah kerja lapangan) untuk Mahasiswa/i Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di UII DALWA, Senin (29/04/2024).

Para peserta terlebih dahulu diperkenankan untuk masuk ke area pondok pesantren guna melakukan penelitian sesuai keinginan mereka tentang pembelajaran Bahasa Arab, karena hanya disana (di area pondok) menurut Husni Uliuddin sebagai Ketua HMPS PBA UIN Gusdur mereka bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Saat ditanyai mengenai kesannya saat mengunjungi Dalwa, Husni Uliuddin mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang ketika bisa berkomunikasi langsung dengan para santri yang ada.

“Sangat senang bisa mendapat metode yang menurut kami sangat cocok untuk diprektekan di kampus kami seperti pendalaman pada maharah istima’ (latihan kecakapan dalam mendengar) dan kalam ditambah para santri disini sangat enak saat kita ajak komunaksi,” ujarnya

Kunjungan kemudian dilanjut dengan seminar ilmiah untuk memperkenalkan secara mendalam tentang struktur pembelajaran Bahasa Arab di Dalwa yang diisi oleh beberapa penggerak Bahasa Arab di Dalwa seperti Ustaz Makki Lazuardi,Lc.,M.Pd. dan Habib Dr. Abdurrahman bin Aqil juga jajaran Dosen seperti Ustaz Dr. Sholahuddin Hasyim (Wakil Rektor 1), Habib Husein Assegaf dan Kaprodi PBA UII Dalwa ustaz Dr. Thohiri Habib.

Kunjungan tersebut menurut Dr. H. Ali Burhan, M.A sebagai Kaprodi PBA UIN Gusdur sangat mengesankan bahkan ia mengungkapkan kebahagiannya dapat berkunjung yang sekaligus mempererat ikatan hubungan antar pihak mereka dan UII Dalwa.

“Kami sangat bersyukur bisa mendapat sambutan hangat disini dan kami berharap semoga hubungan silaturahmi ini dapat terus berlanjut kedepannya amin,” ucap beliau menggunakan Bahasa Arab.

Pada Dalwa Berita secara khusus para peserta menyatakan kesalutan mereka pada santri atau mahasiswa yang ada di pesantren saat mereka berkunjung atas kemudahan interakasi yang mereka dapatkan saat melakukan wawancara seputar Bahasa Arab di lapangan.

Ustaz Dr. Thohiri Habib sendiri menyatakan rasa senang beliau pada setiap kunjungan dari pihak manapun yang ingin mengambil faedah Bahasa Arab di pondok Dalwa, karena menurut beliau itu merupakan bukti dari pengakuan khalayak luar atas keberhasilan pengembangan Bahasa Arab di Dalwa yang patut di pertahankan bahkan harus ditingkatkan.Sandi/red.

Views: 32

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *