Seminar Nasional dan Penandatanganan MoU antara Pemkab Pasuruan dan Perguruan Tinggi se-Pasuruan Raya Berjalan Lancar

20240628_141945

Bangil, Dalwa Berita – Seminar Nasional & penanda tanganan MoU perguruan tinggi se-Pasuruan raya berjalan dengan lancar pada Jumat siang (28/6/2024) di Rhusaefah room lt.3 Dalwa Hotel.

Kegiatan tersebut berawal dari ide dalam forum doktoral yang dilaksanakan di kantor Pemkab Pasuruan pada Kamis (16/05) lalu, membahas tentang peningkatan SDM juga SDA di kabupaten Pasuruan. Merasa harus ada tindakan lebih lanjut, akhirnya Pemkab Pasuruan mengadakan seminar nasional sekaligus penanda tanganan MoU dengan tujuan menyatukan visi dan misi, membangun kesatuan tujuan juga kesepahaman dalam meningkatkan kualitas, kredibilitas dan integritas SDM dan SDA kabupaten Pasuruan. Sehingga mampu menciptakan generasi yang berpotensi dan berdaya saing tinggi, seperti yang dikatakan Dr. Akhmad Fauzi Hamzah, Ketua pelaksana kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut diadakan di Dalwa Hotel Ponpes Darullughah Wadda’wah Bangil-Pasuruan. Diikuti oleh 16 perguruan tinggi se-Pasuruan Raya dan juga UPTD se-kabupaten Pasuruan. Al-Habib Dr. Segaf Baharun, M.H.I. selaku rektor UII Dalwa sekaligus tuan rumah menyambut dengan baik pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Dari Pasuruan bisa, Insyaallah kita go nasional dan go Internasional,” ucap Dr. Segaf dalam sambutannya.

Seminar nasional diisi oleh Prof. Dr. H. Ali Maschan Moesa, M.Si. Mantan Ketua PWNU Jawa Timur 1999-2008 dan Anggota DPR RI periode 2009-2014 dari Partai Kebangkitan Bangsa. Seminar tersebut bertemakan “Penguatan Sinergi Kebijakan Pemerintah Dan Program Tridharma Perguruan Tinggi Dalam Pebangunan Dan Pengembangan Potensi Dan Budaya Masyarakat”.

Prof. Ali sangat menekankan SDM baik itu tidak hanya dianggap dari pemikiran atau keilmuannya saja akan tetapi juga dilihat dari etika dan adabnya, berakhlaq mulia.

”Orang yang tahu juga berakhlaq akan taat, justru orang yang hanya berpengetahuan tanpa berakhlaq-lah yang sering melanggar,” tutur sang dosen tetap di UII Dalwa itu.

Menurut Prof. Ali, kegiatan tersebut adalah langkah awal yang positif untuk masa depan pendidikan di Pasuruan.

“Pj Bupati yang sangat respect terhadap pendidikan, bekerja sama dengan Dalwa dan seluruh perguruan tinggi adalah langkah awal yang sangat positif,” kata beliau.

Pj Bupati Pasuruan, Dr. Andriyanto, S.H. yang berhadir mengamini apa yang disampaikan Prof. Ali Maschan bahwa, dalam sebuah daerah yang paling utama adalah SDM-nya.

“Sebuah negara, sebuah daerah itu yang paling utama adalah sumber daya manusianya. Ketika sumber daya manusia berpikir dengan hati, maka insyaallah mampu menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di daerah,” ucap Dr. Andriyanto saat diwawancara.

PJ Bupati Pasuruan itu juga berpesan kepada seluruh perwakilan perguruan tinggi yang hadir agar tak bosan-bosannya melakukan perbuatan baik, menambal kekurangan.

“Jangan merasa bosan teruslah berbuat baik, teruslah menambal lobang-lobang (kekurangan-kekurangan) yang ada,” pesannya.

“Kami atas nama Pemkab Pasuruan mengucapkan terima kasih kepada para Rektor, Ketua dan civiats akademika se-Pasuruan Raya yang telah berkenan melakukan kerjasama di bidang pendidikan. Agar pembangunan dan pelayanan publik dapat terlaksana dengan baik sesuai target, peran akademisi juga sangat dibutuhkan dalam mencetak generasi unggul yang dibekali ilmu pengetahuan di masing-masing kampusnya, “tambah beliau.

“Maka dari itu, kami bekerjasama dengan akademisi di Kabupaten Pasuruan melalui MoU. Mudah-mudahan kesepakatan bersama ini bisa segera ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerjasama antara Fakultas dengan Perangkat Daerah,” tandasnya.

Dr. Khairul Huda, SH, M.Hum., Wakil Rektor III Universitas Yudharta Pasuruan yang juga ikut berhadir pada acara tersebut memberikan tanggapan bahwa, harus ada kolaborasi untuk bisa menjalankan tridharma perguruan tinggi.

“Untuk menjalankan tridharma perguruan tinggi entah di bidang penelitian, di bidang pengabdian mau tidak mau memang harus kolaborasi,” tukasnya

Beliau juga berharap kegiatan tersebut dapat menjadi langkah awal untuk memperkuat hubungan antar perguruan tinggi dengan pemerintah.

“Kegiatan hari ini adalah sebagai pintu masuk untuk memperkuat hubungan perguruan tinggi yang bermitra dengan pemerintah daerah,” harapnya.Ipul/red.

Views: 4

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *