Sebagai Inisiator Kerjasama antara Pemkab Pasuruan dengan Perguruan Tinggi Se-Pasuruan Raya dan ISNU, UII Dalwa Menjadi Tuan Rumah Penandatanganan MoU

IMG-20240616-WA0004

Sabtu, 15 Juni 2024 UII Dalwa menjadi tempat kegiatan musyawarah dalam lanjutan rencana MoU antara Pemda Kabupaten Pasuruan dengan Pergutuan Tinggi se Pasuruan Raya dan ISNU Kabupaten Pasuruan yang dilaksanan di Dalwa Hotel Syariah Lantai 2 Ruang Rahat Raci Bangil, Dosen UII Dalwa yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah Dr. Lutfi Rachman,M.Pd.I (WR III), Dr. Imaduddin,M.Pd.I (Wadir I Pascasarjana), Dr. Akhmad Fauzi Hamzah,M.Pd.I (Wadir III Pascasarjana) dan Dr. Akhmad Sahrandi,M.Pd.I (Dosen)

Dr. Ahmad Fauzi Hamzah selaku inisiator dari forum pertemuan tersebut menyatakan bahwa lampu hijau yang sudah diberikan oleh Pemkab Pasuruan untuk menjalin hubungan kerjasama dengan kampus harus segera ditindaklanjuti dengan aksi nyata yang lebih kongkrit.

Menurut Dr. Fauzi Hamzah menyampaikan : “Bentuk kerjasama tersebut harus ditindaklanjuti dalam bentuk penandatanganan dokumen MoU dan dokumen dokumen penunjang lainnya, kerjasama nantinya akan menjadi pendukung terselenggaranya Tri Dharma Perguruan Tinggi dan terserapnya lulusan perguruan tinggi Pasuruan di pemerintah daerah kabupaten Pasuruan”.

Sementara itu beberapa pimpinan perguruan tinggi yang lain sempat mengusulkan supaya acaranya ditambah dengan seminar Nasional atau seminar internasional. Dr. Khoirul Huda dari Universitas Yudharta Purwosari beralasan: “Biar ada nilai tambahnya, kegiatan penandatanganan MoU tersebut perlu dilengkapi dengan kegiatan semacam seminar atau FGD atau yang lainnya”.

Tapi usulan tersebut tidak mendapatkan tanggapan dari yang lain karena ada hal lain yang lebih urgen. Perwakilan dari pemkab Pasuruan menyatakan bahwa perlu menghadirkan semua kepala OPD (organisasi perangkat Daerah) atau kepala dinas dalam acara tersebut supaya program kerjasama itu bisa ditindaklanjuti oleh mereka.

Dalam rapat koordinasi kerjasama tersebut seluruh PC ISNU diminta untuk mendukung program yang sudah disusun dalam rapat. ISNU sendiri merupakan badan Otonom Nahdlatul Ulama kabupaten Pasuruan  tidak berkepentingan langsung terhadap program tersebut kecuali sebatas men-support saja. Dr. Ahmad Adip Muhdi selaku ketua PC ISNU Kabupaten Pasuruan menyebut forum pertemuan tersebut sebagai Forum Rektor Indonesia Cabang Pasuruan.

“Sejak awal kita memang sudah berniat khidmah mendukung dan mensupport kemajuan Kabupaten Pasuruan. Dan tentu saja ikut membantu program yang sudah disusun dalam forum ini supaya mencapai tujuan yang diinginkan” katanya Dr. Adip.

Para peserta yang hadir perwakilan dari 17 Perguruan Tinggi se-Pasuruan Raya dan ISNU yang bersama-sama merumuskan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan sebagai bentuk langkah menindaklanjuti apa yang disampaikan oleh PJ Bupati Kabupaten Pasuruan Dr. H. Andrianto dicapai hasil kesepakatan bahwa kegiatan MoU dengan Pemkab Kabupaten Pasuruan akan di laksanakan pada hari Jum’at, 28 Juni 2024 yang dimulai jam 08.00 wib hingga selesai di Dalwa Hotel Syari’ah.

Views: 42

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *