Mahasiswa Prodi HKI Fakultas Syari’ah Melaksanakan PKL di Tiga Pengadilan Agama

Bangil, Dalwa Berita – Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa prodi HKI sudah dimulai dari pagi hari Senin (26/02/2024).

Para peserta PKL menjalani tugas di 3 Pengadilan Agama yaitu Pengadilan Agama Bangil, Pasuruan Kota dan Probolinggo Kota.

Peserta PKL sendiri menjalani masa program PKL-nya selama 25 hari, terhitung sejak tanggal 26 Februari hingga 21 Maret 2024  bertepatan dengan 16 Sya’ban sampai dengan 10 Ramadhan 1445 H.

Bagi mahasiswa yang bertugas di Pengadilan Agama Bangil memiliki program kerja seperti:

-Peserta yang bertugas berjumlah 20 orang, dibagi pada 3 kelompok yang memiliki tugas berbeda beda, yaitu Hakim, Kepaniteraan dan Kesekretariatan.

-Peserta wajib mengikuti tata tertib dan kedisiplinan Pengadilan Agama Bangil, seperti datang tepat waktu, menjalani tugas dengan giat dan yang lainnya.

Waktu-waktu yang telah ditentukan adalah datang ke PA pukul 07.30 WIB, lalu ada waktu ISHOMA yang dimulai pukul 12.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB berlanjut tugas, pulang ke pondok pukul 15.30 WIB.

Adapun untuk tugas bagi para peserta diberlakukan sistem rolling per-1 minggu, sehingga para peserta dapat merasakan bertugas di semua bagian yang ada di Pengadilan Agama yaitu Hakim, Kepaniteraan dan Kesekretariatan.

Selama bertugas, Pengadilan Agama juga memberikan beberapa materi yang berkaitan dengan tugas para peserta seperti praktek sidang semu, cara mengatasi beberapa masalah yang ada pada Pengadilan yang akan disampaikan oleh Dosen Pamong agar mahasiswa mendapatkan ilmu dan gambaran dari tugas yang mereka jalani.

Di Pengadilan Agama Bangil ini, sudah ada beberapa kampus juga yang ikut melaksanakan PKl di sini, seperti UIN Malang, UINSA Surabaya, UNH Kediri dan yang lainnya. UII Dalwa juga sempat melakukan PKL beberapa kali sebelumya.

Pak Yomi Kurniawan S.Ag, M.H mengaku merasa senang dengan kedatangan peserta PKL dari Dalwa kembali.

“Kami merasa senang dengan kedatangan PKL-an dari Dalwa kembali, sebagai tetangga dan mitra kami harap yang terbaik,” ujar Pak Yomi, Ketua Panitera PA Bangil.

Atas penuturan Pak M. Muhyiddin, S.H selaku Ketua Keskretariatan menjelaskan bahwa peserta PKL UII Dalwa merupakan yang paling kreatif dari yang lainnya, dengan sebab kedisiplinan yang tinggi, juga dengan inisiatif mereka menghidupkan Musholla yang ada di PA.

“Jujur, menurut saya PKL-an Dalwa ini yang terkreatif, disiplinnya tinggi, datang tepat waktu, karena memang dasarnya santri ya, juga mereka menghidupkan Musholla Al-Mahkamah (Musholla yang ada di PA Bangil) dengan diadakan sholat jamaah dzuhur, bahkan ditentukan jadwal imam dan muadzinnya, bahkan dulu disini sempat diadakan Khataman Al-Qur’an.” jelas Pak Muhyiddin.

Terkhusus saat bulan Ramadhan nanti, selepas sholat akan ada kultum yang diisi oleh peserta.

Peserta PKL Dalwa juga dinilai baik dengan memiliki kebiasaan yang positif.

“Mereka juga memiliki akhlaq yang bagus juga, mereka membiasakan bersalaman kepada seluruh pegawai sehingga timbul rasa peraudaraan,” lanjut beliau.

Dra.Hj. Noor Asiah selaku Ketua Pengadilan Agama Bangil menyampaikan harapannya bagi para peserta PKL agar mendapat ilmu yang ada di PA Bangil, pengalaman serta sharing dengan seluruh pegawai yang ada disana.

“Yang Ibu harapkan adalah para peserta bisa mendapat ilmu serta pengalaman yang sejatinya tidak ditemukan di tempat lain serta bisa saling mentransfer ilmu yang belum dimiliki dan terus menggali pengalaman menjadi pengurus sidang, kepaniteraan serta kesekretariatan,” jelas Ibu Noor.Fauzan/red.

 

Visits: 35

Share:

More Posts

Send Us A Message