LPM Dalwa Berita adakan Diklat Jurnalistik “Merdeka dalam Berkarya”

Bangil, Dalwa Berita- Diklat jurnalistik yang diadakan Dalwa Berita berjalan dengan lancar di Ravva room Hotel Dalwa Syariah, Jumat (17/11/2023) dengan mengangkat tema Merdeka Dalam Berkarya.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa, santri dan seluruh delegasi setiap organisasi yang ada di kampus dan pesantren.

 

Diadakan diklat jurnalistik Azmi Hidayat mengungkapkan untuk menumbuhkan jiwa penulis pada diri santri Dalwa.

 

“Diklat ini agar bisa menumbuhkan kepekaan santri dalam menulis maka dari itu kita ambil tema ‘merdeka dalam berkarya’ supaya santri berani menulis dan menjadi penulis,” ungkap ketua panitia.

 

Diklat jurnalistik di bagi empat materi , materi pertama mengangkat tema Manajemen Media Pesantren oleh Ustaz Alil Wafa.

 

Beliau mengungkapkan media pesantren sangat penting dalam kemajuan pesantren, karena media tersebut dapat digunakan sebagai media informasi yang dapat diketahui oleh banyak masyarakat tentang pesantren tersebut.

 

Pimred Sidogiri Media itu memberikan banyak tips manajemen media pesantren agar menjadi terkenal.

 

“Manajemen media dapat diambil dari banyak macam-macam media pesantren yang lain, apalagi sekarang banyak sekali dari sana, ambil yang paling bagusnya lalu terapkan di media kalian,” tuturnya.

 

Pada materi kedua diisi oleh ketua umum LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) Dalwa Berita, Ashar Bashir. Mengangkat tema cara penulisan. Dalam pemaparannya, ia mengungkapkan bahwa salah satu budaya santri adalah menulis.

 

“Menulis bagi santri itu adalah budaya pesantren, malu kita sebagai santri jika tidak pandai menulis,” ungkapnya.

 

Materi ke tiga dilaksanakan setelah sholat Jum’at dengan salah satu dosen KPI UII Dalwa, Ustaz Muhajir. Materi yang beliau sampaikan adalah tips dan trik menjadi wartawan pesantren.

 

Menurutnya, peran jurnalis kampus amatlah penting, mengingat bahwa itu bermanfaat bagi orang lain ataupun bagi insan pers itu sendiri.

 

“Peran jurnalis kampus sangat penting. Tidak hanya memberikan informasi kepada orang lain, tapi juga melatih diri supaya lebih percaya diri,” ungkap Direktur PT. Maha Karya Berkah Sejahtera.

 

Materi terakhir di sampaikan Founder of Otak Lensa, Mas Alfian Adi Saputra tentang photo jurnalistik. Ia memaparkan photo sangat penting dalam media berita sebagai gambaran dalam suatu peristiwa.Ilham/red.

Views: 28

Share:

More Posts

Send Us A Message